Kamis, 04 September 2014

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Tanaman herbal  yang stu ini sering disebut temulawak atau dalam bahasa latin disebut dengan Curcuma Xanthorrhiza  merupakan tanaman obat  herbal yang sering  menjadi bahan baku jamu tradisional temulawak dalam bahasa daerah tertentu sering disebut juga koneng gede. Temulawak memiliki bentuk dan warna yang mirip dengan kunyit. Tanaman  ini berbau aromatik, berasa pahit dan agak pedas.


Olahan temulawak biasanya di olah menjadi jamu, jamu temulawak sering dijumpai di penjual jamu keliling atau depo-depot jamu tradisional tetapi sekarang ini jamu temulawak tidak hanya diolah menjadi jamu cair, perusahaan jamu tradisional sudah membuat olahan temulawak menjadi jamu serbuk atau jamu instan.

Dengan mengonsumsi jamu temulawak secara teratur dapat meningkatkan nafsu makan, melancarkan buang air kecil, memelihara kesehatan fungsi hati, mencegah stroke, meningkatkan kekebalan tubuh. Temulawak dapat juga menjadi obat nyeri pada wanita yang sedang datang bulan atau haid

Temulawak mengandung sejumlah senyawa kimia menyehatkan seperti fellandrean, turmerol, minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol dan kurkuminoid.

Berikut ini adalah manfaat dari temulawak:


  • Meringankan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan susah buang air besar 
  • Meringankan osteoarthritis dan meredakan peradangan
  • Mangatasi sakit maag
  • Mengatasi haid tidak lancar dan bau badan
  • Mengatasi gangguan ginjal
  • Menambah nafsu makan pada anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar